Cara Mengolah Bawang Dayak Untuk Diabetes

Cara Mengolah Bawang Dayak Untuk Diabetes
Cara Mengolah Bawang Dayak Untuk Diabetes - Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bawang dayak berkhasiat untuk pengobatan diabetes. Penelitian yang dilakukan oleh Graduete School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang menunjukan bahwa bawang dayak memiliki kandungan zat yang berkhasiat aktif dalam menurunkan kadar kula dalam darah.

Salah satu pemicu penyakit diabetes adalah peningkatan kadar gula, sehingga tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa diabetes itu adalah penyakit gula. Saat kadar gula meningkat, maka terjadi penurunan fungsi tubuh termasuk metabolisme serta daya tahan menjadi berkurang. Pada akhirnya munculah yang disebut dengan penyakit diabetes yang biasanya ketika semakin parah, maka beresiko mengancam kematian.

Kandungan dalam Bawang Dayak

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Tomohiro Ieyama tersebut, mereka menemukan adanya zat aktif yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula. Dengan menggunakan teknik krimatografi, peneliti menemukan tiga zat penting meliputi Eleutherinoside A, dan Eleuthoside B dan Eleutherol. Dari ketiga zat tersebut, dua diantaranya memiliki peranan yang sangat aktif sekali seperti Eleutherinoside yang berada di atas permukaan usus. Adapun fungsi dari zat tersebut adalah yang paling berperan dalam menghambat penyerapan sehingga kadar gula-pun kemudian menjadi berkurang.

Proses dan Cara Mengolah Bawang Dayak Untuk Diabetes

Perihal pengolahan yang bisa dilakukan, sebetulnya ada beberapa cara yang selama ini biasa dilakukan. Pengolahan yang dimaksud adalah bagaimana caranya menyajikan bawang dayak ini hingga siap dikonsumsi dan menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah diabetes. Nah agar anda bisa dengan mudah mengolahnya sendirinya, berikut ini beberapa tahapan pengolahan bawang dayak untuk diabetes yang bisa anda coba ikuti:

• Bersihkan Bawang Dayak

Proses pengolahan yang pertama adalah dengan membersihkan bawang dayak. Baik itu ketika anda membeli dari penjual ataupun saat anda memanennya dari lahan yang anda tanami sebelumnya. Bersihkan dengan air bersih sehingga tak ada lagi tanah yang menyangkut dalam bawang tersebut.

• Iris tipis-tipis

Tahapan selanjunjutnya yang bisa coba anda lakukan adalah dengan mengiris bawang tersebut sekitar 2 mm secara merata. Lakukan secara merata agar nanti pada proses pengeringan, bawang menjadi kering semuanya. Proses pengirisan bisa dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam.

• Keringkan hasil irisan bawang dayak

Selanjutnya anda juga bisa mengeringkan hasil irisan bawang tersebut. Akan tetapi saat proses pengeringan dilakukan, jangan lupa untuk tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi karena akan merusak kandungan khasiat bawang dayak. Cara yang paling tepat adalah dengan mengeringkannya dibawah terik matahari secara langsung, tapi kalaupun menggunakan pengering, pastikan jangan terlalu panas.

• Tumbuk sampai menjadi bubuk

Ada tahapan lain juga yang bisa anda lakukan yakni dengan menumbuk hasil pengeringan tersebut. Setelah benar-benar kering, anda kemudian bisa menghaluskannya dengan menggunakan beberapa cara seperti menumbuknya. Akan tetapi jika anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah, anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

• Siap disajikan dan dikonsumsi

Jika sudah dihaluskan, maka baru kemudian anda bisa mengonsumsinya. Silahkan sajikan dengan menyeduhnya menggunakan air panas dan kemudian meminum air seduhannya. Jika anda merasakan rasa yang agak pahit, anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

Nah dengan memperhatikan beberapa hal diatas, anda bisa mencoba mengolah bawang dayak untuk mengobati beragam penyakit. Salah satu penyakit berbahaya yang bisa disembuhkan dengan bawang dayak ini adalah diabates. Ini adalah penyakit yang paling banyak ditakuti, namun anda tak perlu khawatir dan takut setelah tahu akan manfaat bawang dayak untuk diabetes.

0 komentar:

Posting Komentar